Sunday, November 18, 2012

Tindakan Kecil Sobat Bumi untuk Kelestarian Bumi


 Hai Sobat Bumi,

Perkenalkan nama saya Dewa mahasiswa Pendidikan Fisika Program Kelas Internasional di Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Sobat Bumi sudah pada tahukan kalau bumi kita ini butuh bantuan yaitu butuh dijaga? Tentunya Sobat Bumi pasti tahu kan kalau persediaan energi yang tidak dapat diperbarui sudah menipis? Akhir-akhir ini banyak didengung-dengungkan gerakan back to nature, go green, atau gerakan-gerakan yang sejenisnya. Namun semuanya akan sia-sia bila hal itu hanya didengungkan saja. Oleh karena itu mari selamatkan bumi dan menghemat energi dengan tindakan nyata, karena kalau cuma ngomong doang, nggak akan ada artinya. Tindakan nyata tidak perlu susah-susah mulai saja dengan hal yang paling kecil, karena biarpun kecil tetapi dilakukan dengan konsisten serta banyak yang melakukannya maka hasilnya akan berdampak besar. Berikut ini adalah gambar ilustrasi yang mewakili tindakan nyata yang biasa saya lakukan, nah sekarang Sobat Bumi pun bisa melakukannya juga,


Mau tahu apa maksud dari gambar di atas? Ayo baca tindakan nyata berikut ini,

1. Bersepeda ke kampus atau kantor
Seperti kita tahu kegiatan bersepeda ini biasa disebut bike to campus dan bike to work. Ya kebiasaan ini memang gampang dan saya sudah melakukannya, meskipun awalnya terasa berat dan melelahkan, namun bila dilakukan terus menerus rasanya akan enak di badan karena badan menjadi sehat. Saya bersepeda menuju kampus dan bersepeda ke LBB tempat saya kerja. Tapi bukan berarti karena namanya campus dan work kita jadi bersepeda hanya ke dua tempat itu saja, tetapi juga untuk bepergian ke tempat lain yang dapat dijangkau dengan sepeda. Tentunya selain mengurangi polusi bersepeda juga membuat badan kita sehat.

2. Menghindari penggunaan tas plastik
Mungkin Sobat Bumi ada yang bertanya, bagaimana bisa menghindari penggunaan tas plastik? Bisa kok, caranya gampang yaitu dengan selalu membawa tas sendiri ketika berbelanja baik di mini market, super market, dan tempat-tempat lainnya. Mungkin hal ini sedikit memalukan bagi sebagian orang namun saya telah membuktikannya sendiri, raya pernah berbelanja di mini market dan saya mengatakan “nggak usah pakai plastik” dan saya ditertawakan oleh pegawai mini market tersebut. Namun ketika saya berbelanja kembali ke mini market itu pegawai mini market pun mulai antusias dengan hal kecil yang saya lakukan.

3. Membawa air minum dari rumah
Kenapa harus membawa air minum dari rumah? Jawabannya, karena jika kita membeli air minumkemasan itu berarti kita sudah menggunakan botol maupun gelas plastik. Dan seperti kita tahu bila kita menggunakan kemasan plastik maka akan menambah tumpukan sampah yang harus didaur ulang.

4. Mematikan alat-alat listrik yang tidak digunakan
Tindakan nyata yang satu ini memang paling mudah untuk dilakukan, namun banyak sekali sobat bumi yang terkadang sering lupa untuk melakukannya. Dengan mematikan alat listrik, kita telah menghemat penggunaan energi. Bayangkan berapa daya listrik yang kita buang dengan menghidupkan alat listrik yang tidak diperlukan, jika daya terbuang dalam 1 jam saja, jika dikalikan 30 hari itu sudah banyak mengeluarkan biaya. Walaupun sekarang ini listrik sudah mulai menggunakan sumber energi yang dapat diperbarui, kita harus tetap menghematnya, itung-itung sekalian menghemat biaya.

5. Membuang sampah pada tempatnya dan memisahkan sampah kering dan sampah basah
Membuang sampah memang hal simpel, tapi mengapa harus dipisahkan? Karena jika sampah kering dan basah sudah kita pisahkan, maka untuk mendaur ulangnyapun mudah dan bahan daur ulangnyapun menjadi bersih, sehingga hasil daur ulangnya akan bagus. Kebiasaan menjaga kebersihan memang sangatlah penting, dimulai dari h`l kecil yaitu membuang sampah. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unesa tempat saya kuliahpun nggak mau ketinggalan dengan mengadakan program jumat bersih dan sehat. Jadi seluruh civitas akademika FMIPA mengadakan kegiatan bersih-bersih dan senam bareng setiap jumat pagi. Selain lingkungan jadi bersih warga FMIPA pun jadi sehat serta terjaga tali silaturahminya.

6. Melakukan daur ulang (recycle)
Dengan melakukan recycle kita telah membantu membersihkan bumi kita. Kenapa recycle? Hal ini untuk menghindari pemusnahan sampah dengan pembakaran. Sebagai gambaran pembakaran 1 ton sampah akan menghasilkan 30 kg gas CO, gas tersebut jika dihirup akan berikatan sangat kuat dengan haemoglobin darah sehingga dapat menyebabkan tubuh orang yang menghirup akan kekurangan O2 dan menimbulkan kematian. Pembakaran sampah organik juga akan menghasilkan gas methane. Membakar potongan kayu akan menghasilkan senyawa fnrmaldehyde yang mengakibatkan kanker. Sampah organik yang masih agak basah seperti daun, ranting, batang, sisa sayuran atau buah jika dibakar tidak akan semua terbakar dan akan menghasilkan partikel-partikel padat yang dapat beterbangan. Satu ton sampah organik akan menghasilkan 9 kg partikel padat yang mengandung senyawa hidrokarbon berbahaya. Gas CO yang dihasilkan dari pembakaranpun tidak serta merta dapat direduksi oleh alam, sehingga akan membuat lapisan ozon semakin menipis.

7. Mengadakan car free day
Mengapa car free day saya masukkan disini? Karena car free day adalah salh satu upaya untuk mengurangi asap kendaraan dan menggalakkan kebiasaan bersepeda. Selain itu car free day ini sudah banyak dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah. Sebagai contoh di kampus saya Unesa juga sering diadakan car free day yang mendukung adanya program kampus konservasi dan green campus.

8. Menanam pohon dan merawatnya
Menanam pohon adalah cara sangat efektif untuk mengurangi polusi dan melawan pemanasan global yang akhir-akhir ini sering disoroti oleh banyak orang. Dengan program satu orang satu pohon yang sering dilakukan oleh pemerintah, terbukti telah membuat beberapa wilayah perkotaan menjadi hijau. Tapi jangan hanya melihat saja kita juga harus ikut serta di dalamnya dengan menanam pohon dan merawatnya. Hal ini erat hubungannya dengan air, sehingga selain menanam pohon kita juga harus menghemat air.

9. Menggunakan gas sebagai bahan bakar sepeda motor maupun mobil
Kalau melang sudah sangat terpaksa harus menggunakan sepeda motor maupun mobil bukanlah suatu masalah besar. Caranya gampang kok kita dapat menggunakan gas LPG sebagai penfganti bahan bakar minyak. Bagaimana bisa? Gas digunakan sebagai bahan bakar pada sepeda motor dan mobil sebenarnya sudah lama ditemukan. Salah satu mahasiswa Unesa pun ada yang telah membuat converter kitnya. Dengan converter itu gas diatur pengeluarannya menuju mesin pembakaran. Dan sudah banyak orang yang menggunakannya. Atau alternatif lainnya adalah menggunakan angkutan umum untuk bepergian. Dengan menggunakan `ngkutan umum kita bisa mengurangi kemacetan jalan raya dan mengurangi polusi udara.

Gimana Sobat  Bumi? Gampang kan?beberapa tindakan nyata di atas mungkin sepele, namun sangat berguna. Semua tindakan kecil itu merupakan tindakan yang saya lakukan selama ini. Walaupun saya mahasiswa kelas Internasional, tapi saya pun nggak ragu dan nggak malu untuk melakukannya meskipun awal-awalnya berat dan terkadang ditertawakan orang. Dengan kepercayaan diri dan niat yang baik untuk menjaga bumi kita, maka semua orang akan mengerti.

Tunggu apalagi? Mari kita selamatkan bumi dan menghemat energi, mari kita lakukan bersama agar orang-orang dapat merubah mainset mereka dan dengan bersama-sama tindakan kecil ini akan berdampak besar bagi bumi kita. Kalau bukan kita siapa lagi? Ingat satu tindakan kecil Sobat Bumi sangat berarti bagi Bumi kita dan artikel ini tidak akan ada artinya jika tidak kita lakukan. Jadi mari kita lakukan bersama untukku, untukmu, untuk bumi, dan untuk anak cucu kita. Jangan lupa ajak teman-teman kalian. Jika perlu share short link dibawah ini. Makasih banyak. ^_^

short link :  http://bit.ly/Energi18



36 comments:

  1. patut dicoba nich,,,
    gaya hidup sehatb untuk kelestarian bumi kita,,,

    ReplyDelete
  2. Buat mas lutfieko makasih banyak, jangan lupa ya, ajak temen-temennya buat melakukan tindakan kecil Sobat Bumi. Kalau bukan kita siapa lagi?

    ReplyDelete
  3. ayoo kita jaga bumi kita, karena hanya dengan tangan kitalah yang dapat melestarikan dan merusak semuanya hhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah semangatnya boleh nih mbak mala, bisa buat ajak temen-temen.

      Delete
  4. Setujuu, bumi bukan milik kita, tapi dititipkan kepada kita untuk di rawat dan di gunakan.

    ReplyDelete
  5. "">>SALAM SHOBAT BUMI<<""

    Saya Setuju dengan Tulisan Diatas...
    mari kita menumbuhkan rasa cinta terhadap bumi, dengan melaksanakan 9 poin penting diatas. Mulailah dari diri kita masing-masing, karena akan bermanfaat Untuk lingkungan, untuk Indonesia, Untuk Bumi KIta..
    Trimakasih..

    ReplyDelete
  6. Untuk mbak mala, Pak Andik, dan mas Reza terima kasih atas dukungannya. Mari kita bersama-sama menjaga bumi kita tentunya mulai dari hal yang paling kecil seperti di atas

    ReplyDelete
  7. ide yg bgus kak. mksh info.x.....

    ReplyDelete
  8. setidak.nya kepedulian satu orang akan berpengaruh besar terhadap bumi,. Peduli bukan hanya lewat kata,. But "Take Action!!"

    ReplyDelete
    Replies
    1. that's right "take action" we must do it together.........

      Delete
  9. sip sip.. dari hal kecil yang menjadi besar :D
    ayo kita selamatkan bumi tercinta =3

    ReplyDelete
  10. LIke,. q ke kampus udah pake sepeda kok wa,. hahahah

    ReplyDelete
  11. mengurangi penggunaan kertas..jadi tugas kuliah ato tugas sekolah di aplot saja di edmodo atau elearning :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju , ide yang bagus.
      kita dapat mengurangi penggunaan kertas dengan elearning yang sudah dijalankan di Unesa, PT lainnya, dan di sekolah2pun sudah mulai menggunakan e-learning. Untuk mahasiswa yang sedang memprogram skripsi mungkin bisa dengan softfile. dan ada dosen yang patut dicontoh, yaitu jika diprint maka revisi pertama diprint di baliknya.

      Delete
  12. bagus2...
    selama ini bumi sdah terlalu baik sma kita dengan hasil yang di berikannya , sekarang ganti kita yang baik sama bumi,setidaknya dengan lebih peduli.

    ReplyDelete
  13. start with small things, from ourselves ...
    small as our actions will mean for our planet,,
    because without begins with small actions, no major changes will occur..

    at least we must attempted to dispose of waste in place, no matter how small it is garbage, and turn off electrical devices we do not use ...
    I think the two things that are often times overlooked, underrated by many. when the slightest thing that we underestimated, it can give a great impact to the earth.

    ReplyDelete
    Replies
    1. that's right, start from small thing we can save the world, we must change our bad habit........
      Let's do the simple things to save our world

      Delete
  14. Ide yang sangat bagus dan seharusnya kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita sebagai kholifah di bumi sering lupa, malahan kita sering merusaknya. Inilah kholifah yang dlolim. Saya juga ikut menambahkan dua hal yang selama ini saya berusaha utk mengamalkannya, walau belum bisa 100%, yaitu:

    HP
    1. Saat mengisi ulang baterai HP, hanya 5% energi listrik yang masuk ke HP, yang 95% terbuang percuma. Kurangi pemborosan listrik dengan segera mencabut charger jika baterai HP sudah penuh.


    KERTAS
    1. Kurangi sampah dengan mengurangi penggunaan kertas untuk menyelamatkan hutan. Setiap hari sampah kertas di dunia berasal dari 27.000 batang kayu.

    2. Pada jaman elektronik ini, penghematan kertas dapat dilakukan dengan mengirim berita-berita maupun undangan lewat internet/email.

    3. Pakai kertas dengan 2 sisi (bolak-balik)

    4. Kertas yang telah dipakai 2 sisi (bolak-balik) dan sudah tak terpakai lagi, kumpulkan dan berikan pada pemulung untuk dijual sebagai bahan kertas daur ulang.

    5. Pakai lagi amplop dengan membaliknya, hal itu tak akan mengurangi rasa hormat anda pada penerima surat anda.

    6. Pilih isi ulang pulsa dengan yang elektrik bukan 'fisik' untuk menghemat penggunaan kertas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat setuju Pak. Hal tersebut memang hal yang sepele dan banyak orang yang tidak peduli namun efeknya sangat besar, sekarangpun sudah banyak yg menggunakan hp yg bisa buka file pdf jd bisa hemat kertas, seperti dalam perkuliahanpun qt bisa menggunakan buku pdf, apalagi anak internasional yang menggunakan buku berbhasa inggris yg jarang di jual di pasaran. Terima kasih banyak telah bersedia mampir untuk membaca,

      Delete
  15. Setuju banget dan two thumbs up for Dewa. Beberapa juga sudah saya lakukan dan khusus point no 2, saya sering juga di ketawain pegawai toko kalau saya menolak di kasih plastik, apalagi barangnya kecil dan kering. Tas daur ulang sebisa mungkin ada di tas (kan bisa dilipat), siapa tau mendadak harus belanja....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebiasaan yang bagus dan pastas ditiru,
      ayo lanjutkan kebiasaan baik ini dan mari tinggalkan smua kebiasaan buruk mulai dari sekarang....

      Delete
  16. Verу nіce post. I absоlutеlу lοve
    this site. Keep it up!

    Loοk intο my page - Bezpiecznapozyczka.Org
    Visit my web site - po¿yczka pod zastaw mieszkania

    ReplyDelete
  17. Mantab banget mas opininya, semoga makin sukses aja di tahun 2013 ini.

    ReplyDelete
  18. http://mrchildies.com/2013/01/02/promo-email-gratis/ cobain ya :D

    ReplyDelete
  19. Linκ еxchange іs nothing else except it is only placing the other person's website link on your page at appropriate place and other person will also do same for you.
    Here is my site : pożyczka pod zastaw mieszkania

    ReplyDelete
  20. Undeniably consіԁеr thаt that уоu saіd.
    Your faѵourіte justification арpeared to be at the internet the ѕimplest thing
    to be aωare of. Ι saу to уou, I
    certainly get аnnoуed even aѕ
    peoρle considеr conceгns thаt they just don't realize about. You managed to hit the nail upon the top as well as outlined out the entire thing with no need side-effects , other people can take a signal. Will probably be back to get more. Thanks pożyczki prywatne pod zastaw
    Visit my website - pożyczki bez bik

    ReplyDelete